Home > Tentang Kami > Tanya Jawab

Tanya Jawab

Tanya jawab seputar Klinik Diabetes Nusantara

T : Apakah Klinik Diabetes Nusantara ?
J : Klinik Diabetes Nusantara adalah klinik khusus bagi para diabetesi yang menyediakan pelayanan untuk pemeriksaan serta konsultasi perawatan dan pengendalian diabetes.

T : Bagaimana kualitas dokter di Klinik Diabetes Nusantara ?
J : Semua dokter di Klinik Diabetes Nusantara telah menjalani program training secara intensif di luar negeri. Program ini diselenggarakan oleh Harvard University Medical School di Boston USA bekerjasama dengan Joslin Diabetes Center yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun yang lalu.

T : Fasilitas apa yang tersedia ?
J : Fasilitas yang kami sediakan antara lain Resepsionis dan Ruang Tunggu yang nyaman, Ruang Konsultasi Dokter, Ruang Pemeriksaan, Laboratorium, Farmasi, dan Retail Shop yang menyediakan alat monitoring dan berbagai jenis makanan dan minuman untuk diabetesi.

T : Apa yang membedakan Klinik Diabetes Nusantara dari klinik yang lain ?
J : Keunggulan yang dimiliki Klinik Diabetes Nusantara adalah pelayanan konsultasi yang diberikan oleh dokter-dokter kami berkisar 30-45 menit untuk tidak hanya meresepkan obat, tetapi memberikan edukasi yang komprehensif sehingga para pasien bisa secara optimal mengupayakan agar gula darahnya terkontrol dengan baik. Sistem appointment yang baik memungkinkan pasien dan keluarganya tidak perlu mengantri lama untuk bertemu dengan dokter yang mereka pilih.

T : Jenis pemeriksaan apa yang disediakan di Klinik Diabetes Nusantara ?
J : Pemeriksaan yang dilakukan untuk setiap pasien akan berbeda beda, disesuaikan dengan kondisi pasien. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter di Klinik Diabetes Nusantara, sehingga dapat diketahui pemeriksaan apa saja yang sebaiknya dilakukan.

T : Berapa lama waktu yang diperlukan mulai dari pemeriksaan sampai ke dokter?
J : Pasien ke dokter berdasarkan jam perjanjian, kami mempunyai sistem tersendiri untuk meminimalisasi waktu tunggu pasien untuk bertemu dengan dokter. Untuk kedatangan pertama memerlukan waktu lebih kurang 30-60 menit. Sebagian besar waktu dialokasikan untuk konsultasi dan edukasi.

T : Apakah saya dijamin bisa sembuh ?
J : Dalam hal kesehatan tidak ada jaminan untuk kesembuhan suatu penyakit. Tapi kami berusaha melayani sebaik mungkin dan kami yakin kesehatan ibu / bapak akan menjadi lebih baik setelah berkonsultasi dengan dokter kami.

T : Berapa biaya untuk kunjungan pertama ke Klinik Diabetes Nusantara ?
J : Biaya untuk kunjungan pertama Rp. 363.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya administrasi, pemeriksaan awal, laboratorium dan konsultasi dokter. Bila diperlukan pemeriksaan penunjang lainnya maka akan dikenakan biaya tambahan berdasarkan jenis pemeriksaannya.

T : Bagaimana untuk kunjungan selanjutnya ?
J : Pemeriksaan untuk kunjungan berikutnya tergantung dari kondisi kesehatan pasien, kemungkinan perkembangan kondisi kesehatan tersebut dapat dibicarakan dengan dokter pada saat kunjungan pertama. Selain itu perawat kami akan memantau kondisi pasien secara berkala, jika diperlukan perawat kami akan menelepon Bapak/Ibu. Biaya untuk kunjungan berikutnya adalah Rp. 358.000 yang meliputi Biaya Administrasi, Biaya Konsultasi, dan Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu.

T : Pemeriksaan apa saja yang harus dilakukan sebelum ke dokter ?
J : Untuk pemeriksaan pada kunjungan pertama akan dilakukan pemeriksaan laboratorium berupa tes gula darah sewaktu dan HbA1c untuk mengetahui gambaran rata-rata gula darah selama periode waktu 6 sampai 12 minggu yang berguna bagi dokter untuk melakukan penyesuaian terhadap pengobatan diabetes yang akan dijalani. Sambil menunggu hasil pemeriksaan laboratorium, akan dilakukan pemeriksaan awal, seperti pengukuran berat badan dan tekanan darah.

T : Bagaimana jika sudah pernah melakukan pemeriksaan laboratorium di luar ?
J : Bila sudah pernah melakukan pemeriksaan laboratorium di luar, sebaiknya sewaktu datang ke Klinik hasil laboratorium tersebut dibawa, sehingga asisten dokter dapat mengetahui dan memastikan apakah pemeriksaan yang diperlukan sudah dilakukan atau belum, dan apakah hasil pemeriksaan tersebut masih valid atau perlu pemeriksaan lagi.

T : Jika pasien menderita diabetes dan mempunyai komplikasi penyakit lain, apa yang akan dilakukan Klinik Diabetes Nusantara ?
J : Bila pasien benar-benar menderita diabetes, dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi pasien. Perkembangan kondisi pasien setelah mendapat treatment dari dokter akan terus dipantau untuk meminimalisasi komplikasi yang mungkin terjadi. Bila pasien harus dikirim ke dokter spesialis terkait berkenaan dengan komplikasi yang diderita, dokter akan merujuk pasien ke rumah sakit atau dokter yang lebih berkompeten, tentu saja dengan persetujuan dari pasien terlebih dahulu.

T : Apakah diabetes dapat disembuhkan ?
J : Diabetes tidak dapat sembuh secara total, tetapi pemeriksaan, pengobatan dan pengendalian yang tepat dapat mengurangi efek samping dan membantu untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya komplikasi.

T : Jika tidak dapat disembuhkan, apa hasil yang dapat diharapkan bila berobat ke Klinik Diabetes Nusantara ?
J : Tujuan dan hasil yang diharapkan dengan mengunjungi Klinik Diabetes Nusantara adalah membantu pasien untuk lebih memahami mengenai diabetes dan lebih memperhatikan kesehatan mereka di masa mendatang. Sehingga mereka dapat lebih menikmati kualitas hidup yang lebih baik dan juga untuk membantu mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi yang lebih serius.